5 Tahapan Penting Untuk Sewa Mobil Jakarta

Pertama kali hendak melakukan sewa mobil Jakarta? Sewa atau rental kendaraan memang sudah bukan hal aneh lagi di kota besar. Banyak orang saat ini yang lebih memilih untuk menyewa kendaraan bermotor dari pada harus berkomitmen membeli atau menyewa. Terlebih untuk para pekerja yang datang dari kota dan daerah lain di Jakarta. Maka pilihan untuk menyewa kendaraan lebih banyak dilakukan dari pada harus berkomitmen dalam penyewaan atau pembelian mobil. Terlebih bila tak berencana untuk tinggal dalam jangka panjang di Jakarta.

Selain untuk para pekerja, rental mobil Jakarta juga biasa jadi pilihan para wisatawan. Entah itu wisatawan dari luar atau bahkan dari dalam Jakarta itu sendiri. Transportasi umum yang masih belum memadai menjadikan banyak orang yang lebih memilih untuk menyewa mobil yang digunakan berwisata dengan keluarga. Tak heran, berbagai perusahaan rental mobil Jakarta pun semakin ramai dengan para peminat untuk menyewa kendaraan roda empat ini.

Nah bila saat ini Anda pun berniat untuk menyewa mobil di Jakarta, ada beberapa tahapan penting untuk dilakukan. Dalam tahapan di bawah ini, terdapat sederet hal yang wajib dilakukan atau pun diperhatikan sebelum Anda menyewa mobil di Jakarta atau pun di daerah lain. Memperhatikan tahapan demi tahapan di bawah ini sudah tentu memudahkan dan memastikan keamanan Anda saat menyewa kendaraan. Berikut ini 5 tahapan tersebut ya!

1. Pilih perusahaan sewa mobil Jakarta yang tepat

Bila Anda mengetikan kata kunci sewa mobil Jakarta, akan muncul banyak sekali perusahaan yang menawarkan kendaraan dari berbagai jenis dan merk untuk disewakan. Namun dari sekian banyak perusahaan tersebut, mana yang paling terpercaya? Memilih perusahaan penyewaan paling terpercaya menjadi satu hal pertama yang wajib dilakukan sebelum memulai proses penyewaan.

Tak hanya terpercaya, perusahaan penyewaan pun sebaiknya memiliki reputasi serta kredibilitas yang baik berdasarkan dari catatan konsumen sebelumnya. Sehingga Anda pun tak akan merasa waswas ketika menggunakan jasa dari perusahaan ini. Ada banyak sekali cara untuk memastikan kredibilitas hingga reputasi sebuah perusahaan. Salah satunya dengan melakukan pencarian nama perusahaan di mesin pencari.

2. Ketahui kebutuhan akan kendaraan

Apakah Anda membutuhkan kendaraan untuk berlibur atau digunakan sehari-hari? Mobil dengan ruang dan kapasitas yang besar untuk digunakan bersama dengan keluarga. Atau malah Anda hanya mencari sewa mobil Jakarta untuk digunakan pada saat itu? Ketahui lebih dulu mengenai kebutuhan Anda untuk kendaraan bermotor sebelum memutuskan untuk menyewa mobil.

Pasalnya di perusahaan penyewaan nantinya akan ada banyak sekali pilihan kendaraan. Dimana bila Anda tidak mengetahui kebutuhan Anda, maka akan menjadi sangat sulit menentukan kendaraan mana yang akan Anda sewa. Jadi jangan ragu dan pastikan lebih dulu kendaraan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda saat itu.

3. Lakukan reservasi

Setelah mendapatkan perusahaan yang diinginkan dan mengetahui kebutuhan untuk kendaraan, langkah berikutnya tinggal melakukan reservasi. Reservasi merupakan sebuah langkah penting untuk sewa mobil Jakarta. Anda harus melakukan reservasi mulai dari satu minggu hingga satu bulan sebelum kendaraan digunakan. Sangat jarang ada perusahaan yang memberikan keleluasaan untuk melakukan penyewaan tanpa adanya reservasi lebih dulu.

Reservasi memastikan Anda mendapatkan kendaraan seperti yang diinginkan pada waktu yang ditentukan. Reservasi bisa dilakukan melalui telepon, online atau secara langsung. Ada beberapa perusahaan yang memberikan reservasi gratis namun ada juga perusahaan penyewaan yang mengharuskan calon penyewa membayar biaya deposit lebih dulu.

4. Periksa keadaan kendaraan

Langkah berikutnya tinggal memeriksa keadaan kendaraan. Keadaan yang dimaksud disini mulai dari kilometer dari kendaraan, usia mobil, hingga bila adanya kerusakan atau apapun lainnya yang nantinya bisa mengganggu kelancaran perjalanan. Untuk itu, sangat penting memeriksa keadaan kendaraan lebih dulu.

Periksa keadaan kendaraan dimulai dari mesin, hingga keadaan fisik mobil. Perusahaan penyewaan biasanya memiliki check list sebagai daftar untuk memeriksa keadaan kendaraan. Daftar ini digunakan juga nantinya ketika memeriksa ulang keadaan kendaraan ketika dikembalikan ke perusahaan penyewaan. Jadi pastikan sudah benar-benar memeriksa keadaan mobil dari sewa mobil Jakarta ini.

Keadaan kendaraan ini termasuk juga memeriksa kelengkapan surat serta dokumen dari kendaraan yang akan disewa nantinya.

5. Membaca kontrak secara seksama

Langkah terakhir berikutnya yang harus diperhatikan ketika sewa mobil Jakarta ialah memeriksa kontrak yang diberikan. Ketika menyewa mobil di perusahaan sewa di Jakarta, Anda akan diberikan kontrak yang nantinya berisi peraturan hingga hak dan kewajiban penyewa. Termasuk juga penalti serta biaya kerusakan hingga denda yang harus diganti oleh pengguna mobil sewa nantinya.

Jadi pastikan Anda tak hanya sekedar menanda tangani kontrak saja namun juga sudah membaca dan memahami dengan betul setiap pasal dan aturan yang ada di dalam kontrak itu sendiri.