5 Taktik Menghindari Biaya Tambahan Ketika Sewa Mobil Bulanan di Jakarta

Disadari atau tidak, sewa mobil bulanan di Jakarta memang jauh lebih hemat dari pada harus menyicil kendaraan. Terlebih untuk mereka yang hanya bekerja atau tinggal sementara di Jakarta. Banyak yang berpendapat bahwa menyewa mobil menjadi pilihan paling tepat untuk solusi kebutuhan transportasi di kota besar seperti Jakarta.

Namun di sisi lain, rental mobil Jakarta bisa menjadi hal yang buang-buang uang. Tentunya bila Anda salah memilih rental mobil Jakarta yang tepat dan berakhir dengan menghabiskan banyak uang yang tidak seharusnya. Salah satunya karena biaya tambahan. Untuk itu di bawah ini kami memberikan beberapa taktik cerdas untuk menghindari membayar biaya tambahan yang dibebankan oleh perusahaan penyewaan.

Di bawah ini merupakan 5 taktik menghindari biaya tambahan untuk sewa mobil bulanan di Jakarta.

1. Tak usah gunakan jasa antar jemput

Menggunakan jasa antar jemput dari perusahaan penyewaan memang terdengar sangat memudahkan. Bayangkan saja Anda tak perlu datang ke perusahaan dan akan diantarkan mobil beserta semua dokumen yang dibutuhkan. Begitu pun nanti ketika waktu pengembalian. Perusahaan yang akan datang dan mengambil kendaraan tersebut. Memudahkan sekali bukan?

Namun disisi lain meskipun memudahkan, akan ada biaya khusus yang dibebankan untuk proses antar jemput ini. Tak jarang biaya yang dibebankan perusahaan pun terbilang cukup besar. Jadi sebaiknya kembali pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkan fasilitas antar dan jemput tersebut dan mengeluarkan biaya tambahan lebih.

2. Pastikan mengisi bensin sesuai dengan keadaan awal

Selain biaya antar jemput, biaya lain yang dibebankan perusahaan adalah bensin. Bensin akan dibebankan perusahaan bila pada saat pengembalian keadaan tanki bensin mobil tidak sesuai dengan keadaan pengambilan. Katakan saja ketika dipinjamkan keadaan tangki bensin separuh penuh. Nah ketika pengembalian pun keadaan bensin harus sesuai, separuh penuh. Bila tidak, akan ada biaya bensin yang menunggu Anda nantinya.

Hal satu ini memang akan mudah sekali terlupakan untuk sewa mobil bulanan di Jakarta. Karena itu pastikan memiliki catatan khusus bahwa Anda harus mengembalikan mobil dalam keadaan separuh penuh juga nantinya.

3. Hindari resiko kerusakan

Biaya tambahan lain yang sudah pasti, tentunya kerusakan. Bila Anda merusakan kendaraan yang disewa sudah pasti akan ada biaya kerusakan yang menunggu Anda. Menariknya, biaya kerusakan ini biasanya jauh lebih tinggi dari pada bila Anda memperbaiki sendiri. Untuk itu sebaiknya Anda menjaga baik-baik kendaraan yang disewa. Atau bila tak ingin ada biaya tambahan untuk kerusakan ini, bisa menggunakan asuransi. Dimana nantinya pihak asuransi yang akan mengganti semua biaya kerusakan dan kerugian karena keadaan kendaraan.

Namun perlu diingat juga, biaya asuransi ini akan menjadi biaya tambahan pula untuk Anda yang nantinya membuat harga sewa mobil bulanan di Jakarta lebih mahal.

4. Hindari resiko kehilangan

Sudah pasti Anda jangan sampai menghilangkan mobil yang disewa ya! Namun selain itu, juga jangan sampai ada kehilangan dokumen atau pun perlengkapan di dalam mobil. Berbeda dengan kerusakan yang bisa ditanggung oleh asuransi, kehilangan justru sama sekali tak bisa ditanggung oleh apapun. Jadi Anda sendiri yang harus sangat berhati-hati dan tidak menghilangkan apapun yang terdapat pada mobil.

Ketika menyewa, Anda akan mendapatkan sebuah daftar yang berisi kelengkapan mobil. Mulai dari kelengkapan perkakas mobil hingga dokumen. Jadikan daftar tersebut sebagai pegangan dimana tak bisa ada satu pun dari daftar tersebut yang hilang atau kurang ketika mobil dikembalikan nantinya.

5. Hindari airport tax

Satu hal terakhir yang wajib dihindari ketika sewa mobil bulanan di Jakarta: airport tax. Airport tax atau pajak bandara akan dibebankan bila Anda menyewa kendaraan dari bandara. Besarnya bervariasi. Namun cukup tinggi sebagai biaya tambahan. Untuk itu, bila Anda datang dari luar Jakarta pastikan sudah melakukan reservasi mobil lebih dulu dari luar daerah di berbagai perusahaan penyewaan yang ada di Jakarta. Cara ini untuk memastikan Anda tak perlu melakuan reservasi dari dalam perusahaan yang ada di bandara.

Jadi setelah ini, tak perlu lagi bukan untuk menghadapi biaya tambahan untuk sewa mobil bulanan di Jakarta?